Menu

Pages

Minggu, 07 Februari 2016

laporan KKL




LAPORAN KEGIATAN KULIAH KERJA LAPANGAN

ANGKATAN VIII TAHUN 2014/2015

PADA SMP BINA CIPTA PALEMBANG










 







Oleh:



KELOMPOK 341

DESI RAMAYANA              2011 122 010         PENDIDIKAN FISIKA



FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN









UNIVERSITAS PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA

UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

2015




LAPORAN KEGIATAN KULIAH KERJA LAPANGAN

ANGKATAN VIII TAHUN 2014/2015

PADA SMP BINA CIPTA PALEMBANG










 







Oleh:



KELOMPOK 341

DESI RAMAYANA              2011 122 010         PENDIDIKAN FISIKA



FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN











UNIVERSITAS PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA

UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

2015

LAPORAN KEGIATAN KULIAH KERJA LAPANGAN

ANGKATAN VIII TAHUN 2014/2015

PADA SMP BINA CIPTA PALEMBANG

Oleh:

KELOMPOK 341

DESI RAMAYANA                2011 122 010         PENDIDIKAN FISIKA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN



UNIVERSITAS PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA

UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

2015

DITERIMA SEBAGAI SALAH SATU BUKTI TELAH MENGIKUTI KEGIATAN KULIAH KERJA LAPANGAN

Palembang, 7 Maret 2015

Dosen Pembimbing                                               Mentor





Drs. Sukardi, M.Pd                                                 Taufik Hidayat, S.Pd


Mengetahui,

Kepala SMP Bina Cipta Palembang





Drs. H. Surahyo Jasmed


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan segala rahmat dan karunia-Nya sehingga laporan Kuliah Kerja Lapangan  (KKL) Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Palembang yang di laksanakan pada 26 Januari 2015 sampai 7 Maret 2015 Di SMP Bina Cipta Palembang ini berhasil dilaksanakan dengan baik.

Dalam kesempatan ini, penulis selaku mahasiswa KKL yang menyusun laporan ini mengucapkan terima kasih kepada Kepala Sekolah, Guru dan Staf Administrasi SMP Bina Cipta Palembang yang memberikan izin kepada penulis untuk melaksanakan kegiatan KKL. Tidak lupa penulis ucapkan terima kasih kepada Pembimbing yang telah memberikan arahan dan bimbingan guna menyelesaikan laporan ini.

Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu penulis sekaligus mahasiswa PGRI Palembang mengharapkan saran dan kritik  yang bersifat membangun sangat diperlukan demi kesempurnaan laporan ini.

Akhir kata penulis harapkan semoga laporan ini bermanfaat bagi masyarakat umum dan mahasiswa/i yang akan mengambil mata kuliah KKL.

Palembang,  Maret 2014

Penulis



DESI RAMAYANA

DAFTAR ISI



1.     Bagian Awal

Kulit luar............................................................................................................

Sampul Muka.................................................................................................. i

Halaman Pengesahan................................................................................. ii

Kata Pengantar............................................................................................. iii

Daftar Isi......................................................................................................... iv

Daftar Lampiran............................................................................................ vi

2.     Bagian Utama

Bab I Pendahuluan............................................................................... ...... 1

A.   Latar Belakang.................................................................................. ...... 1

B.   Rencana Kegiatan........................................................................... ...... 3

C.   Sasaran Kegiatan............................................................................ ...... 4

D.   Tujuan....................................................................................................... 5

E.   Manfaat.............................................................................................. ...... 5

Bab II Keadaan Umum................................................................................ 7

A.   Struktur Organisasi Unit Tempat KKL........................................... ...... 7

B.   Tugas dan Fungsi Pegawai Unit Tempat KKL................................... 9

C.   Keadaan Lingkungan Fisik dan Sosial............................................. 12





Bab III Permasalahan................................................................................ 18

A.   Metode Pemecahan Masalah............................................................. 18

B.   Alternatif Pemecahan Masalah..................................................... .... 20

Bab IV Pelaksanaan dan Hasil Kegiatan............................................. 22

A.   Tahap Pelaksanaan Kegiatan............................................................ 22

B.   Hasil......................................................................................................... 23

C.   Pembahasan.......................................................................................... 24

Bab V Kesimpulan dan Saran................................................................ 26

A.   Kesimpulan............................................................................................ 26

B.   Saran....................................................................................................... 26

























DAFTAR LAMPIRAN



·         Lembar Kegiatan Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan

·         Denah Lembaga Bina Cipta Palembang

·         Visi dan Misi SMP Bina Cipta Palembang

·         Struktur Organisasi Laboratorium IPA SMP Bina Cipta Palembang

·         Tata Tertib Dalam Laboratorium

·         Visi dan Misi Laboratorium

·         Program Kerja Laboratorium SMP Bina Cipta Palembang

·         Daftar Inventaris Alat Praktek IPA di Laboratorium SMP Bina Cipta Palembang

·         Jadwal Praktek IPA SMP Bina Cipta Palembang

·         Dokumentasi foto kegiatan Kuliah Kerja Lapangan







BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

Pendidikan merupakan suatu ilmu pengetahuan yang sangat mendukung dalam perkembangan dan kemampuan manusia untuk mencapai tujuan dalam proses pendidikan.

Tujuan pendidikan Nasional dalam Undang-Undang Republik Indonesia No.20 tahun 2003 tentang pendidikan nasional yang berbunyi:

“Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa  yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, cakap, kreatif serta bertanggung jawab”.

Untuk mencapai tujuan tersebut pemerintah selalu mengadakan pembeharuan-pembaharuan di bidang pendidikan, diantaranya dengan diberlakukannya kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang sebelumnya dinamakan Kuliah Kerja Nyata (KKN).





1


Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan kegiatan intrakurikuler yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas PGRI Palembang secara langsung di lapangan untuk mempelajari bidang administrasi dan bidang lain yang relevan dengan program studi dan tidak menutup kemungkinan menyumbang ilmu pengetahuan yang dimiliki mahasiswa.
Kuliah Kerja Lapangan merupakan salah satu bentuk pengintegrasian antara kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat dengan pendidikan dan penelitian. Kegiatan ini wajib bagi mahasiswa Universitas PGRI Palembang yang mengikuti Program S1 dengan bobot 2 SKS.

Sasaran dalam kegiatan KKL adalah kantor-kantor Dinas/Instansi, Diknas, Depag, Sekolah, Perusahaan yang relevan dengan bidang ilmu dan program studi yang ada di Universitas PGRI Palembang. Kuliah kerja Lapangan bagi mahasiswa/i diadakan dengan harapan agar bisa memberikan manfaat bagi mahasiswa/i Universitas Palembang yang nantinya akan terjun sebagai tenaga pendidik dan kependidikan serta pegawai perusahaan.

Selama KKL berlangsung khususnya di sekolah-sekolah diharapkan mahasiswa/i dapat melihat dan belajar secara langsung, namun jika ada kekurangan kelengkapan yang ada yaitu Administrasi kurikulum / pembelajaran, Administrasi personal sekolah / kepegawaian,  Administrasi kesiswaan, Administrasi Tata Usaha, Administrasi sarana dan prasarana, Administrasi Keuangan, Administrasi Humas, dan  Administrasi penunjang/ perpustakaan. Dengan begitu mahasiswa/i diharapkan dapat membantu mencari solusi dan mengatasi kekurangan tersebut.







B. Rencana Kegiatan

Adapun rencana kegiatan yang ditujukan selama melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL)  ialah membantu administrasi sekolah yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan program kerja di tempat KKL (Kuliah Kerja Lapangan ). Dalam hal ini peserta Kuliah Kerja Lapangan (KKL) kelompok 341 melaksanakan di SMP Bina Cipta Palembang, Jalan Bina Cipta No. 18 Bukit Sangkal Kecamatan Kalidoni Telp (0711) 820611 Palembang 30114.

Adapun rencana kegiatan yang ditujukan selama melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah sebagai berikut :

1.  Ikut serta membantu administrasi sekolah seperti administrasi tata usaha, administrasi perpustakaan, administrasi bimbingan konseling, administrasi UKS, administrasi laboratorium IPA, dsb.

2.  Ikut serta mengisi jam pelajaran kosong di kelas, misalnya dikarenakan guru yang bersangkutan tidak dapat hadir, dan sebagainya.

3.  Mencari dan mengumpulkan data-data untuk bahan laporan khususnya yang berkaitan dengan administrasi sekolah SMP Bina Cipta Palembang.





C. Sasaran Kegiatan

Sasaran yang ingin dicapai dalam kuliah kerja lapangan adalah :

1.  Menciptakan pribadi calon sarjana Universitas PGRI Palembang yang memiliki seperangkat ilmu pengetahuan , nilai dan sikap yang kompetitif, berkepribadian unggul, mandiri, produktif, kreatif, dan tidak pernah putus asa.

2.  Menciptakan calon sarjana Universitas PGRI Palembang yang propesional menguasai materi pelajaran secara luas dan mendalami baik secara teori maupun praktek, sehingga mempermudah dalam menghadapi dan memecahkan masalah.

3.  Menciptakan calon sarjana Universitas PGRI Palembang yang menguasai seperangkat ilmu pengetahuan tentang administrasi pendidikan dan administrasi perkantoran sesuai dengan bidangnya atau program studi (Fakultas) masing-masing.

4.  Memberikan pengalaman dan keterampilan pada mahasiswa sebagai kader pembangunan, sehingga setelah jadi sarjana kelak sanggup ditempatkan dimana saja.











D. Tujuan

Tujuan dari kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah :

1.  Menyiapkan mahasiswa untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dalam menerapkan, mengembangkan, dan memperkarya ilmu pengetahuan dan teknologi.

2.  Melatih mahasiswa untuk mengaplikasikan secara langsung pengetahuan dan keterampilan sebagai upaya mensukseskan pembangunan bangsa.

3.  Meningkatkan kerjasama antara Universitas PGRI Palembang dengan lembaga pemerintah dan nonpemerintah dalam melaksanakan pembangunan.



E.  Manfaat

Dengan adanya kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ini diharapkan dapat bermanfaat bagi mahasiswa peserta KKL, Universitas PGRI Palembang serta bermanfaat bagi SMP Bina Cipta Palembang. Adapun manfaat Kuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah :

1.         Dapat memberikan hasil kerja yang baik dalam jumlah yang optimal melalui pelaksanaan kerja yang efektif dan efisien.

2.         Mampu mengembangkan kepercayaan dan dapat memberikan bukti berupa hasil kerja.

3.         Peka dan mampu dengan segera menindaklanjuti tuntunan yang selalu berubah.

4.         Berkeinginan untuk selalu menambah dan memperluas wawasan, pengetahuan dan pengalaman.







BAB II

KEADAAN UMUM



A.        STRUKTUR ORGANISASI SMP BINA CIPTA PALEMBANG





KEPSEK

Drs. H. Surahyo Jasmed







KETUA LEMBAGA

Hj. Susilawati







KADIS DIKPORA

Ahmad Julianto, S.Pd., M.M







KABAK UMUM/PERSONALIA

Hj. Sri Rahayu







KE.UT

Pujiati







WAKA KESIS/ SARPRA

Kustiawati







PEMBINA PRAMUKA

Suryadi, S.Pd







BP/ BK

Veni Octaliza, S.Pd







PEMBINA OSIS

Neni Octarina, S.Pd







UKS

Khusnul Khotimah







WAKA KURIKULUM/ HUMAS

Taufik Hidayat, S.Pd









PESERTA DIDIK


 



























Keterangan :             Garis Memandu

                                                Garis Koordinasi





7


Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa yang berada di bawah penguasaan guru. Pada umumnya, pendidikan sekolah merupakan pendidikan yang terakhir, sistemati, mempunyai jenjang, dan dibagi-bagi dalam waktu tertentu yang berlangsung dari taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi. Sekolah merupakan strategi bagi pemerintah dan masyarakat untuk membina seseorang dalam menghadapi masa depannya. Sekolah dapat dikategorikan sebagai organisasi yang memiliki struktur, tujuan, landasan, tugas dan fungsi, serta visi misi yang kompeten dan telah ditetapkan berdasarkan ketentuan agar tercapainya tujuan secara efektif dan efesien. Dalam perspektif persekolahan, agar tujuan pendidikan di sekolah dapat tercapai secara efektif dan efesien, maka diperlukan manajemen pendidikan, dimana proses manajemen pendidikan memiliki peranan yang amat fital.
Sekolah merupakan suatu sistem yang di dalamnya melibatkan berbagai komponen dan sejumlah kegiatan yang perlu dikelola secara baik dan tertib, untuk itu sekolah dipimpin oleh seorang kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru serta staf administrasi yang menangani bidangnya masing-masing. Dengan demikian, maka kegiatan pendidikan di sekolah dapat memiliki perencanaan yang jelas dan realistis, pengorganisasian yang efektif dan efisien, pengarahan dan pemotivasian seluruh personil sekolah.

Setiap sekolah memiliki struktur organisasi, dengan adanya struktur organisasi maka dapat didefinisikan cara tugas pekerjaan yang dibagi, dikelompokkan, dan dikoordinasikan secara formal. Dengan adanya struktur suatu organisasi, maka dapat digambarkan bagaimana organisasi itu mengatur dirinya sendiri, bagaimana mengatur hubungan antara individu dengan kelompok. termasuk di SMP Bina Cipta Palembang yang memiliki struktur organisasi yang tetap dan ditentukan berdasarkan beberapa kategori, yaitu berdasarkan spesialisasi kegiatan kerja, standardisasi kegiatan kerja,koordinasi kegiatan kerja serta besaran seluruh organisasi, untuk memperjelas tentang struktur organisasi maka dilihat dilampiran struktur organisasi SMP Bina Cipta Palembang.

B.        Tugas Dan Fungsi Pegawai SMP Bina Cipta Palembang

Adapun pembagian tugas kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan staf administrasi adalah :

1.     Kepala Sekolah

Sebagai kepala sekolah atau coordinator sekolah yang bertanggung jawab secara keseluruhan baik keluar maupun ke dalam. Rinciannya sebagai berikut :

@   Membuat struktur organisasi sekolah

@   Membuat rincian tugas personil

@   Membuat program kerja tahunan

@   Membuat rancangan anggaran

@   Membuat denah sekolah

@   Membuat pengumuman dan penentuan rapat, dll.

2.     Tugas Waka Kurikulum

Rincian tugas adalah sebagai berikut :

1.    Menyusun program diketahui kepala sekolah

2.    Melaksanakan rapat dengan para kajur

3.    Menyusun program kerja waka kurikulum persiapan administrasi

4.    Evaluasi dan pengambilan keputusan rapat, dll.

3.     Tugas Waka Kesiswaaan

1.    Mengisi buku induk siswa

2.    Membuat daftar siswa tiap kelas

3.    Mengisi buku absensi siswa

4.    Mengisi buku klaper, dll

4.     Tugas Aktivitas atau Pembina OSIS

Rincian tugas – tugasnya sebagai berikut :

1.    Menjaga keamanan sekolah atau siswa

2.    Membantu tugas – tugas waka kesiswaan

3.    Menyelesaikan permasalahan antar siswa

4.    Mengatur piket siswa di kantor

5.    Mengkoordinir kegiatan ekstra kurikuler



5.     Tugas Pengelola Perpustakaan

Rincian tugas – tugasnya sebagai berikut :

1.    Menyusun buku – buku sesuai abjad

2.    Mengadakan kartu anggota peminjaman buku

3.    Membuat catalog buku

4.    Membuat tata terbit dan cara peminjaman buku

5.    Membuat daftar buku yang ada, dll

6.     Tugas Guru Bimbingan Konseling

1.    Menyelesaikan kasus siswa

2.    Membuat daftar identitas siswa

3.    Memberikan pengarahan pada siswa yang sering malas

4.    Mengunjungi siswa di rumah (bila perlu)

5.    Mengadakan konsultasi dengan orang tua siswa

7.     Tugas Wali Kelas

1.    Bertanggung jawab penuh atas kelas yang dipegangnya

2.    Bertanggung jawab atas administrasi kelas

3.    Melaksanakan tugas mengajar

8.     Tugas Guru Bidang Studi

1.    Melaksanakan tugas mengajar, menyusun program dan membuat satuan pelajaran

2.    Mengisi buku kemajuan kelas

3.    Memberikan nilai pada wali kelas

9.     Tugas Tata Usaha

1.    Mengatur administrasi sekolah

2.    Pengadaan kepentingan sekolah :

a.    Buku Rapot

b.    Blanko surat – surat

c.     Sarana dan prasarana

3.    Mengurus mutasi siswa, dll.

10.  Tugas Bendahara

1.    Mengisi buku tabelaris

2.    Mengisi buku penerimaan SPP dan uang OSIS

3.    Mengisi buku penerima/ pengeluaran gaji

4.    Membuat daftar penerimaan/ pengeluaran gaji

5.    Menyimpan arsip surat – surat berharga, dll.

C.        Keadaan Lingkungan Fisik Dan Sosial

Profil Sekolah

1.     Nama Sekolah                 : SMP Bina Cipta Palembang

2.     Nama Lembaga               : Pendidikan Bina Cipta Palembang

3.     Status Sekolah                : Terakreditasi B

4.     Tahun Didirikan              : 0381/1983

5.     NDS                                   : 2011100035

6.     NPSN                                : 10609499

7.     No. Statistik Sekolah      : 202116002152

8.     Akreditasi Tahun                         : 2011

9.     Alamat                               : Jalan Bina Cipta Rt.22 Keluhan Bukit                                                 Sangkal                                                        

10.  Luas Tanah                      : 11.631 M2

11.  Ukuran Ruang Kelas     : 7 x 8 M2

12.  Nama Kepala Sekolah   : Drs. H. Surahyo Jasmed

13.  Data Pendidikan Guru   :




No.


NAMA


JABATAN


KETERANGAN




1.


Drs. H. Surahyo Jasmed


Kepala Sekolah


S1 Matematika




2.


Taufik Hidayat, S.Pd


Waka Kurikulum


S1 B. Indonesia 2005




3.


Kustiawati


Waka Kesiswaan


PGSMTP




4.


Sunarka, S.Pd


Matematika


S1 Matematika 2005




5.


Yayuk Indah Artati, ST


Bendahara


S1 Teknik Industry 2002




6.


Tuti Maryati, S.Pd


IPA Terpadu


S1 MIPA 2002




7.


Agus Sarkam, S.Ag


Pend. Agama


S1 Tarbiyah 1997




8.


Lia Meylina, S.Si


Pend. IPA Terpadu


S1 MIPA 2007




9.


Ema Agustina, S.Pd


IPS Terpadu


S1 Ekonomi 2005




10.


Mislina Ansyori, S.Pd


Ka. Perpus


S1 Sejarah 2006




11.


Neni Octarina, S.Pd


Bahasa Inggris


S1 B. Inggris 2007




12.


Suryadi, S.Pd


Matematika


S1 Matematika 2005




13.


Yusrika, S.Pd


Bahasa Indonesia


S1 B. Indonesia 2007




14.


Novi Jumiyanti, S.Pd


Bahasa Inggris


S1 B. Inggris 2009




15.


Husnul Khotimah, S.Pd


B.Ing/ B.Indonesia


S1 B. Inggris 2006




16.


Dra. Bariah


PPKn


S1 PMP. KN 1989




17.


Maulidia Indah P, S.Pd


Seni Budaya


S1 Pend. Seni 2012




18.


Pujiati


Kep. TU


SMA 1989




19.


Venny Oktaliza, S.Pd


BK


S1 BK 2011




20.


Kuwad Ardiansyah, S.Pd


Olahraga


S1 Olahraga 2012




21.


Sakroni, S.Kom


TIK


S1




22.


Erfan Sapril


Satpam


SMK 1991




Mahasiswa KKL Universitas PGRI Palembang yang praktek di SMP Bina Cipta Palembang ini harus bisa membaur dalam keluarga besar SMP Bina Cipta  Palembang. Ruang Lingkup Observasi yang dilakukan oleh mahasiswa KKL Universitas PGRI Palembang antara lain sebagai berikut :

1.     Ruang Kelas

2.     Ruang Kepala Sekolah dan Kantor

3.     Ruang guru dan Tata Usaha

4.     Ruang Perpustakaan

5.     WC Siswa laki – laki dan Perempuan

6.     Perkarangan Sekolah

7.     Musholla



1 Keadaan Siswa

Jumlah siswa untuk tahun pelajaran 2014/2015 SMP Bina Cipta Palembang yaitu 162 Siswa yang terdiri dari 6 kelas dengan rincian kelas 1 ( dua kelas ) sebanyak 62 siswa , kelas 2 ( dua kelas) sebanyak 62 siswa, dan kelas 3 ( 2 kelas) sebanyak 56 siswa.

1 Sarana Kebersihan Lingkungan Sekolah

Untuk menunjang kelancaran kegiatan belajar mengajar diperlukan sarana kebersihan lingkungan sekolah yang baik, dikarenakan lingkungan sekolah yang baik dan menyenangkan akan dapat menambah semangat siswa didalam belajar

1 Pekarangan Sekolah

SMP Bina Cipta Palembang memiliki pekarangan yang luas sehingga untuk membuat lingkungan yang baik dan menyenangkan dapat saja dilakukan. Berdasarkan pengamatan penulis pekarangan SMP Bina Cipta Palembang cukup bersih, tetapi kebersihan kelas masih perlu diperhatikan oleh guru dan siswa mengingat masih banyaknya siswa membuang sampah dilaci meja, dibawah bangku dan selokan.

1 Perpustakaan

SMP Bina Cipta Palembang sudah memiliki ruang perpustakaan dan telah berfungsi dengan baik. Buku – buku perpustakaan berupa buku paket dan buku bacaan lainnya yang menunjang pelajaran.

1 Laboratorium Fisika

SMP Bina Cipta Palembang sudah memiliki ruang laboratorium Fisika dan telah berfungsi dengan baik. Yang mana gigunakan sebagai tempat praktek IPA bagi siswa siswi SMP Bina Cipta Palembang.

1 Media Untuk Pengajaran Olahraga dan lainnya

Media untuk mengajar olahraga sudah memadai atau tersedia antara lain sebagai berikut :

1.    Lapangan Voly

2.    Lapangan basket

3.    Bola voly dan bola basket

4.    Raket

5.    Net dan lain - lain

1 Pengadaan Air

Pengadaan air bersih di SMP Bina Cipta Palembang cukup memadai karena tersedia sumur dan air PAM





1 Penerangan

Penerangan di SMP Bina Cipta Palembang cukup baik kerena menggunakan lampu listrik baik dikantor maupun disetiap ruangan kelas.

1 Dapur

SMP Bina Cipta Palembang memiliki dapur khusus untuk dipergunakan guru untuk menyiapkan makan dan minum.

1 Kantin

SMP Bina Cipta Palembang terdapat beberapa kantin sekolah yang terjaga denganbaik kebersihan tempat maupun jenis makanannya.

1 Tempat Ibadah

Tempat ibadah SMP Bina Cipta Palembang sudah memiliki tempat khusus, guru – guru dan siswa/i menggunakan tempat ibadah.












BAB III

PERMASALAHAN

A.    Metode Pemecahan Masalah

1.   Masalah

Pada hakikatnya di SMP Bina Cipta Palembang mempunyai administrasi tata usaha yang cukup baik. Administrasi tata usaha ini memiliki fasilitas dan tenaga ahli di bidang tertentu dengan fungsi masing-masing dan hasilnya sudah sangat bagus, sehingga manfaatnya sangat banyak dalam urusan-urusan sekolah.





18


Seperti yang telah diketahui, sekolah SMP Bina Cipta Palembang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang telah cukup lama berdiri dengan berbagai kemajuan. Salah satunya dapat dilihat dengan telah banyaknya prestasi-prestasi yang telah dicapai dan mencetak para lulusan yang berkualitas. Namun disini sama halnya dengan lembaga pendidikan yang lain, sekolah SMP Bina Cipta Palembang ini juga selalu diikuti dengan kekurangan- kekurangan dan kelemahan-kelemahan. Yaitu adanya beberapa tempat yang belum mempunyai manfaat dan fungsi yang tepat bagi sekolah, guru dan siswa/i SMP Bina Cipta Palembang. Yang menjadi permasalahan yang harus dilaksanakan bagaimana memfungsikan khususnya dibidang laboratorium, yaitu sebagai berikut :
·      SMP Bina Cipta Palembang hanya memiliki satu buah laboratorium,sehingga dalam penggunaannya memiliki fungsi serbaguna, selain tempat percobaan IPA, laboratorium SMP ini juga harus berbagi waktu dengan SMK dan SMA.

·      Kurang maksimalnya pelaksanaan jadwal praktikum yang telah dibuat bagi tiap-tiap kelas dalam pemanfaatan laboratorium.

·      Kurangnya kesadaran siswa dalam menjaga ketenangan dan ketentraman laboratorium pada saat praktikum dan kurang maksimalnya penggunaan alat-alat bantu praktikum yang telah tersedia.

2.   Metode Pemecahan

Dengan adanya permasalahan tersebut maka penulis akan mencoba mencari beberapa alternative pemecahan masalah yang dihadapi. Metode yang penulis gunakan dalam pemecahan masalah ini adalah mengunakan metode :

1.         Metode Observasi

Yaitu dengan cara melakukan pengamantan secara langsung mengenai cara/proses administrasi laboratorium SMP Bina Cipta Palembang selama kegiatan berlangsung, sehingga mendapatkan data yang real dan valid mengenai masalah yang ada.

2.         Metode Wawancara

Yaitu pengumpulan data dengan cara bertanya langsung dengan kepala laboratorium SMP Bina Cipta Palembang.



B.    Alternatif Pemecahan Masalah

Dengan mengunakan metode-metode di atas maka penulis menemukan titik terang dalam memecahkan masalah yang ada pada SMP Bina Cipta Palembang..

·                Penggunaan laboratorium seharusnya hanya untuk kegiatan praktikum IPA atau yang berhubungan dengan kegiatan praktikum,sehingga dapat menunjang keefektifitasannya. Para siswa dapat menggunakan laboratorium dengan semestinya tanpa harus terganggu dengan penggunaan yang bertepatan dengan acara atau kegiatan lain yang tidak ada hubungannya dengan praktikum sehingga praktikum terganggu dan bahkan tertunda.

·                Siswa-siswi yang ada di SMP Bina Cipta Palembang cukup banyak pada tahun Pelajaran 2014/2015 ini mencapai 162 siswa sehingga diperlukannya pengintegrasian administrasi sekolah atau administrasi kesiswaan agar dapat disesuaikan dengan pemanfaatan laboratorium.

·                Para siswa hendaknya diberikan arahan yang berkesinambungan dan terus-menerus mengenai konsekuensi dan bahaya yang ditimbulkan, jika seandainya para siswa tidak tertib dalam mengadakan praktikum. Agar tertanam suatu prinsip yang mencintai laboratorium dengan penuh kesadaran, sehingga mereka dengan benar-benar menyadari pentingnya ketenangan dan ketentraman di laboratorium. Selanjutnya para siswa hendaknya dibiasakan menggunakan alat-alat bantu praktikum yang telah tersedia sehingga pemanfaatannya lebih maksimal dan optimal.






BAB IV

PELAKSANAAN DAN HASIL KEGIATAN

A.     Tahap Pelaksanaan Kegiatan

Tahap – tahap pelaksanaan kegiatan di SMP Bina Cipta Palembang yaitu




Hari/ Tanggal


Kegiatan



senin, 26 Januari 2015


v  Serah terima mahasiswa KKL di SMP Bina Cipta Palembang oleh pembimbing KKL Universitas PGRI Palembang

v  Perkenalan dengan mentor dan staf pegawai SMP Bina Cipta Palembang




Selasa,

27 Januari 2015


v  Masa Observasi




Rabu,

28 Januari 2015


v  Masa Observasi




Kamis,

29 Januari 2015


v  Menyusun tugas yang ingin dikerjakan bersama mentor




Jumat ,

30 Januari 2015


v Membersihkan ruang laboratorium

v Mengecek kondisi laboratorium




Sabtu,

31 Januari 2015


v  Libur karena guru mengadakan rapat




Senin,

2 Februari 2015


v  Membersihkan rak buku di perpustakaan




Selasa,

3 Februari 2015


v  Mengabsensi kehadiran siswa

v  Menyampul buku




Rabu,

4 Februari 2015


v  Melanjutkan menyampul buku

v  Memotong sampul untuk buku




Kamis,

5 Februari 2015


v  Menghadiri pengarahan dari ketua yayasan

v  Membuat program kerja laboratorium




Jumat,

6 Februari 2015


v  Membuat tata tertib laboratorium

v  Struktur organisasi laboratorium




Sabtu,

7 Februari 2015


v  Melanjutkan menyampul buku

v  Mengikuti senam




Senin,

9 Februari 2015


v  Membuat inventaris laboratorium




Selasa,

10 Februari 2015


v  Memotong sampul buku

v  Menyampul buku




Rabu,

11 Februari 2015


v  Memotong sampul buku

v  Menyampul buku

v  Membersihkan papan statistik




Kamis,

12 Februari 2015


v  Membuat jadwal praktek laboratorium




Jumat,

13 Februari 2015


v  Membersihkan dan merapikan berkas tata usaha di kantor SMP bina Cipta




Sabtu,

14 Februari 2015


v  Mengisi jam kosong

v  Mengikuti upacara penurunan bendera




Senin,

16 Februari 2015


v  Memotong sampul buku

v  Menyampul buku




Selasa,

17 Februari 2015


v  Membuat Visi dan Misi Sekolah

v  Membuat denah




Rabu,

18 Februari 2015


v  Memotong sampul buku

v  Melanjutkan membuat denah sekolah




Kamis,

19 Februari 2015


v  Libur Tahun Baru Imlek 2556




Jumat,

20 Februari 2015


v  Melanjutkan Membuat visi dan misi Sekolah

v  Memotong sampul buku

v  Membantu mengisi buku induk




Sabtu,

21 Februari 2015


v  Mengisi jam kosong

v  Mengikuti Senam




Senin,

23 Februari 2015


v  Memotong sampul buku




Selasa,

24 Februari 2015


v  Mengikuti pelatihan skripsi




Kamis,

26 Februari 2015


v  Mengabsensi kehadiran siswa

v  Memotong sampul




Jumat,

27 Februari 2015


v  Memotong sampul




Sabtu,

28 Februari 2015


v  Mengisi jam kosong

v  Mengikuti upacara penurunan bendera




Senin,

2 Maret 2015


v  Mengumpulkan hasil pratikum laboratorium siswa




Selasa,

3 Maret 2015


v  Menyampul buku




Rabu,

4 Maret 2015


v  Mengabsensi kehadiran siswa

v  Memotong sampul




Kamis,

5 Maret 2015


v  Mengabsensi kehadiran siswa

v  Memotong sampul




Jumat,

6 Maret 2015


v  Menyampul buku




Sabtu,

7 Maret 2015


v  Kegiatan pelepasan Mahasiswa KKL Universitas PGRI dengan pimpinan, guru dan staf tata usaha serta siswa-siswi SMP Bina Cipta Palembang




B.    Hasil

Dari tahapan pelaksanaan kegiatan diatas,dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber dan dengan adanya koordinasi dengan guru pengelola laboratorium maka penulis mengharapkan memperolah hasil sebagai berikut :

·           Penggunaan laboratorium akan dapat berdayaguna sebagaimana mestinya.

·           Pengaturan pemakaian laboratorium bagi tiap kelas akan dapat di optimalkan  sesuai pemanfaatannya.

·           Para siswa dapat memahami,memaknai dan mencintai laboratorium sehingga bahaya yang ditimbulkan oleh kecerobohan penggunaan laboratorium dapat di minimalisir.



C.   Pembahasan

Administrasi laboratorium merupakan salah satu bagian terpenting dalam menunjang kelancaran pembelajaran yang berhubungan dengan praktikum khususnya pada pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), maka dari itu dijalankan tata laksana pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) yang sesuai. Selain itu pengaturan siswa perkelas dalam menggunakan ruang laboratorium ini dapat diatur sedemikian rupa sehingga penggunaannya dapat lebih merata yang sesuai dengan jadwal yang dibuat.

Keaktifan siswa seminimal mungkin dapat di atur sehingga tidak mengganggu kelancaran siswa-siswa lain dalam praktikum. Jadwal piket yang seharusnya berjalan dengan baik agar ruang laboratorium dapat terjaga dengan baik dan nyaman untuk digunakan sebagai tempat pratikum serta dapat menjaga dan merawat alat – alat pratikum agar tetap rapi dan bersih. Diadakannya tata tertib laboratorium supaya dengan adanya peraturan tersebut, siswa/i dapat lebih berhati – hati menggunakan alat laboratorium apalagi alat laboratorium yang berbahaya serta dengan adanya aturan tersebut mampu membuat siswa tidak sembarangan membuang sampah di dalam laboratorium. Oleh sebab itu dengan adanya kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ini kami berharap sedikit banyaknya membantu mengatasi permasalahan yang ada pada administrasi laboratorium,sehingga apa yang diharapkan tentang fungsi dan manfaat laboratorium sesungguhnya dapat terwujud.







BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN

A.     Kesimpulan

Berdasarkan hasil dari analisa, penulis dapat menyimpulkan bahwa pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di SMP Bina Cipta Palembang menjadikan mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) anggota masyarakat dan guru yang profesional yang memiliki kemampuan akademik dalam menerapakan, mengembangkan dan memperkaya ilmu pengetahuan dan teknologi dalam administrasi sekolah khususnya dibidang administrasi laboratorium. Dengan mengetahui bagaimana fungsi dan pemanfaatan laboratorium yang sebenarnya maka penulis memiliki sedikit banyaknya keahlian dibidang administrasi laboratorium yang pada saatnya nanti dapat di dayagunakan untuk menunjang kelancaran proses pembelajaran dan administrasi sekolah.

B.    Saran





28


Menurut penulis, sekolah SMP Bina Cipta Palembang sudah sangat baik tetapi masih ada beberapa hal yang masih perlu diperhatikan dan ditingkatkan terutama kepada siswa/siswi dalam penggunaan laboratorium agar dapat mentaati apa yang sudah ditentukan oleh guru/pengelola perpustakaan dan laboratorium IPA di SMP Bina Cipta Palembang ini,supaya dapat memanfaatkan perpustakaan dan mempergunakan alat/bahan praktikum di laboratorium IPA dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh ketertiban




0 komentar:

Posting Komentar