LAPORAN KEGIATAN KULIAH KERJA LAPANGAN
ANGKATAN
VIII TAHUN 2014/2015
PADA
SMP BINA CIPTA PALEMBANG
Oleh:
KELOMPOK
341
DESI RAMAYANA 2011 122 010 PENDIDIKAN
FISIKA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
UNIVERSITAS
PGRI PALEMBANG
2015
LAPORAN
KEGIATAN KULIAH KERJA LAPANGAN
ANGKATAN
VIII TAHUN 2014/2015
PADA
SMP BINA CIPTA PALEMBANG
Oleh:
KELOMPOK
341
DESI
RAMAYANA 2011 122 010 PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
UNIVERSITAS
PGRI PALEMBANG
2015
LAPORAN KEGIATAN KULIAH KERJA LAPANGAN
ANGKATAN
VIII TAHUN 2014/2015
PADA
SMP BINA CIPTA PALEMBANG
Oleh:
KELOMPOK
341
DESI
RAMAYANA 2011 122 010 PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
UNIVERSITAS
PGRI PALEMBANG
2015
DITERIMA
SEBAGAI SALAH SATU BUKTI TELAH MENGIKUTI KEGIATAN KULIAH KERJA LAPANGAN
Palembang, 7 Maret 2015
Dosen Pembimbing Mentor
Drs. Sukardi, M.Pd Taufik Hidayat, S.Pd
Mengetahui,
Kepala
SMP Bina Cipta Palembang
Drs.
H. Surahyo Jasmed
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah
SWT yang telah memberikan segala rahmat dan karunia-Nya sehingga laporan Kuliah
Kerja Lapangan (KKL) Universitas
Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Palembang yang di laksanakan pada 26
Januari 2015 sampai 7 Maret 2015 Di SMP Bina Cipta Palembang ini berhasil
dilaksanakan dengan baik.
Dalam kesempatan ini,
penulis selaku mahasiswa KKL yang menyusun laporan ini mengucapkan terima kasih
kepada Kepala Sekolah, Guru dan Staf Administrasi SMP Bina Cipta Palembang yang
memberikan izin kepada penulis untuk melaksanakan kegiatan KKL. Tidak lupa
penulis ucapkan terima kasih kepada Pembimbing yang telah memberikan arahan dan
bimbingan guna menyelesaikan laporan ini.
Penulis menyadari bahwa
laporan ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu penulis sekaligus
mahasiswa PGRI Palembang mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun sangat diperlukan demi
kesempurnaan laporan ini.
Akhir kata penulis harapkan
semoga laporan ini bermanfaat bagi masyarakat umum dan mahasiswa/i yang akan
mengambil mata kuliah KKL.
Palembang, Maret 2014
Penulis
DESI
RAMAYANA
DAFTAR ISI
1. Bagian
Awal
Kulit
luar............................................................................................................
Sampul
Muka.................................................................................................. i
Halaman
Pengesahan................................................................................. ii
Kata
Pengantar............................................................................................. iii
Daftar
Isi......................................................................................................... iv
Daftar
Lampiran............................................................................................ vi
2. Bagian
Utama
Bab I Pendahuluan............................................................................... ...... 1
A.
Latar
Belakang.................................................................................. ...... 1
B.
Rencana
Kegiatan........................................................................... ...... 3
C.
Sasaran
Kegiatan............................................................................ ...... 4
D.
Tujuan....................................................................................................... 5
E.
Manfaat.............................................................................................. ...... 5
Bab II Keadaan Umum................................................................................ 7
A.
Struktur
Organisasi Unit Tempat KKL........................................... ...... 7
B.
Tugas
dan Fungsi Pegawai Unit Tempat KKL................................... 9
C.
Keadaan
Lingkungan Fisik dan Sosial............................................. 12
Bab
III Permasalahan................................................................................ 18
A.
Metode
Pemecahan Masalah............................................................. 18
B.
Alternatif
Pemecahan Masalah..................................................... .... 20
Bab IV Pelaksanaan dan
Hasil Kegiatan............................................. 22
A.
Tahap
Pelaksanaan Kegiatan............................................................ 22
B.
Hasil......................................................................................................... 23
C.
Pembahasan.......................................................................................... 24
Bab V Kesimpulan dan
Saran................................................................ 26
A.
Kesimpulan............................................................................................ 26
B.
Saran....................................................................................................... 26
DAFTAR
LAMPIRAN
·
Lembar Kegiatan Kegiatan Kuliah Kerja
Lapangan
·
Denah Lembaga Bina Cipta Palembang
·
Visi dan Misi SMP Bina Cipta Palembang
·
Struktur Organisasi Laboratorium IPA SMP Bina
Cipta Palembang
·
Tata Tertib Dalam Laboratorium
·
Visi dan Misi Laboratorium
·
Program Kerja Laboratorium SMP Bina Cipta
Palembang
·
Daftar Inventaris Alat Praktek IPA di
Laboratorium SMP Bina Cipta Palembang
·
Jadwal Praktek IPA SMP Bina Cipta Palembang
·
Dokumentasi foto kegiatan Kuliah Kerja
Lapangan
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan merupakan suatu ilmu pengetahuan yang sangat
mendukung dalam perkembangan dan kemampuan manusia untuk mencapai tujuan dalam
proses pendidikan.
Tujuan pendidikan Nasional dalam Undang-Undang Republik
Indonesia No.20 tahun 2003 tentang pendidikan nasional yang berbunyi:
“Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan
dan membentuk watak serta peradaban bangsa
yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan
untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, cakap, kreatif serta
bertanggung jawab”.
Untuk mencapai tujuan tersebut pemerintah selalu
mengadakan pembeharuan-pembaharuan di bidang pendidikan, diantaranya dengan
diberlakukannya kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang sebelumnya dinamakan
Kuliah Kerja Nyata (KKN).
1
|
Kuliah Kerja Lapangan merupakan salah satu bentuk
pengintegrasian antara kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat dengan pendidikan
dan penelitian. Kegiatan ini wajib
bagi mahasiswa Universitas PGRI Palembang yang mengikuti Program S1 dengan
bobot 2 SKS.
Sasaran dalam kegiatan KKL adalah kantor-kantor
Dinas/Instansi, Diknas, Depag, Sekolah, Perusahaan yang relevan dengan bidang
ilmu dan program studi yang ada di Universitas PGRI Palembang. Kuliah kerja
Lapangan bagi mahasiswa/i diadakan dengan harapan agar bisa memberikan manfaat bagi mahasiswa/i Universitas Palembang
yang nantinya akan terjun sebagai tenaga pendidik dan kependidikan serta
pegawai perusahaan.
Selama KKL berlangsung khususnya di sekolah-sekolah
diharapkan mahasiswa/i dapat melihat dan belajar secara langsung, namun jika
ada kekurangan kelengkapan yang ada yaitu Administrasi kurikulum / pembelajaran,
Administrasi personal sekolah / kepegawaian,
Administrasi kesiswaan, Administrasi Tata Usaha, Administrasi sarana dan
prasarana, Administrasi Keuangan, Administrasi Humas, dan Administrasi penunjang/ perpustakaan. Dengan
begitu mahasiswa/i diharapkan dapat membantu mencari solusi dan mengatasi
kekurangan tersebut.
B. Rencana Kegiatan
Adapun rencana kegiatan
yang ditujukan selama melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ialah membantu administrasi sekolah yang
tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan program kerja di tempat KKL (Kuliah
Kerja Lapangan ). Dalam hal ini peserta Kuliah Kerja Lapangan (KKL) kelompok 341 melaksanakan di SMP Bina Cipta Palembang, Jalan Bina
Cipta No. 18 Bukit Sangkal Kecamatan Kalidoni Telp (0711) 820611 Palembang 30114.
Adapun rencana kegiatan
yang ditujukan selama melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah
sebagai berikut :
1. Ikut serta membantu administrasi sekolah seperti
administrasi tata usaha, administrasi perpustakaan, administrasi bimbingan konseling,
administrasi UKS, administrasi laboratorium IPA, dsb.
2. Ikut serta mengisi jam pelajaran kosong di kelas,
misalnya dikarenakan guru yang bersangkutan tidak dapat hadir, dan sebagainya.
3. Mencari dan mengumpulkan data-data untuk bahan laporan
khususnya yang berkaitan dengan administrasi sekolah SMP Bina
Cipta Palembang.
C. Sasaran Kegiatan
Sasaran
yang ingin dicapai dalam kuliah kerja lapangan adalah :
1.
Menciptakan pribadi calon sarjana Universitas
PGRI Palembang yang memiliki seperangkat ilmu pengetahuan , nilai dan sikap
yang kompetitif, berkepribadian unggul, mandiri, produktif, kreatif, dan tidak
pernah putus asa.
2.
Menciptakan calon sarjana Universitas PGRI
Palembang yang propesional menguasai materi pelajaran secara luas dan mendalami
baik secara teori maupun praktek, sehingga mempermudah dalam menghadapi dan
memecahkan masalah.
3.
Menciptakan calon sarjana Universitas PGRI
Palembang yang menguasai seperangkat ilmu pengetahuan tentang administrasi
pendidikan dan administrasi perkantoran sesuai dengan bidangnya atau program
studi (Fakultas) masing-masing.
4.
Memberikan pengalaman dan keterampilan pada
mahasiswa sebagai kader pembangunan, sehingga setelah jadi sarjana kelak
sanggup ditempatkan dimana saja.
D. Tujuan
Tujuan
dari kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah :
1.
Menyiapkan mahasiswa untuk menjadi anggota
masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dalam menerapkan, mengembangkan,
dan memperkarya ilmu pengetahuan dan teknologi.
2.
Melatih mahasiswa untuk mengaplikasikan
secara langsung pengetahuan dan keterampilan sebagai upaya mensukseskan
pembangunan bangsa.
3.
Meningkatkan kerjasama antara Universitas
PGRI Palembang dengan lembaga pemerintah dan nonpemerintah dalam melaksanakan
pembangunan.
E. Manfaat
Dengan
adanya kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ini diharapkan dapat bermanfaat
bagi mahasiswa peserta KKL, Universitas PGRI Palembang serta bermanfaat bagi
SMP Bina Cipta Palembang. Adapun manfaat Kuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah :
1.
Dapat memberikan hasil kerja yang baik dalam
jumlah yang optimal melalui pelaksanaan kerja yang efektif dan efisien.
2.
Mampu mengembangkan kepercayaan dan dapat
memberikan bukti berupa hasil kerja.
3.
Peka dan mampu dengan segera menindaklanjuti
tuntunan yang selalu berubah.
4.
Berkeinginan untuk selalu menambah dan
memperluas wawasan, pengetahuan dan pengalaman.
BAB II
KEADAAN
UMUM
A.
STRUKTUR
ORGANISASI SMP BINA CIPTA PALEMBANG
KEPSEK
Drs.
H. Surahyo Jasmed
|
KETUA
LEMBAGA
Hj.
Susilawati
|
KADIS
DIKPORA
Ahmad
Julianto, S.Pd., M.M
|
KABAK
UMUM/PERSONALIA
Hj.
Sri Rahayu
|
KE.UT
Pujiati
|
WAKA
KESIS/ SARPRA
Kustiawati
|
PEMBINA
PRAMUKA
Suryadi,
S.Pd
|
BP/
BK
Veni
Octaliza, S.Pd
|
PEMBINA
OSIS
Neni
Octarina, S.Pd
|
UKS
Khusnul
Khotimah
|
WAKA
KURIKULUM/ HUMAS
Taufik
Hidayat, S.Pd
|
PESERTA
DIDIK
|
Keterangan
: Garis Memandu
Garis
Koordinasi
7
|
Sekolah merupakan suatu sistem yang di dalamnya
melibatkan berbagai komponen dan sejumlah kegiatan yang perlu dikelola secara
baik dan tertib, untuk itu sekolah dipimpin oleh seorang kepala sekolah, wakil
kepala sekolah, guru serta staf administrasi yang menangani bidangnya
masing-masing. Dengan demikian, maka kegiatan pendidikan di sekolah dapat
memiliki perencanaan yang jelas dan realistis, pengorganisasian yang efektif
dan efisien, pengarahan dan pemotivasian seluruh personil sekolah.
Setiap sekolah memiliki struktur organisasi, dengan
adanya struktur organisasi maka dapat didefinisikan cara tugas pekerjaan yang
dibagi, dikelompokkan, dan dikoordinasikan secara formal. Dengan adanya
struktur suatu organisasi, maka dapat digambarkan bagaimana organisasi itu
mengatur dirinya sendiri, bagaimana mengatur hubungan antara individu dengan
kelompok. termasuk di SMP Bina Cipta Palembang yang memiliki struktur
organisasi yang tetap dan ditentukan berdasarkan beberapa kategori, yaitu
berdasarkan spesialisasi kegiatan kerja, standardisasi kegiatan kerja,koordinasi
kegiatan kerja serta besaran seluruh organisasi, untuk memperjelas tentang
struktur organisasi maka dilihat dilampiran struktur organisasi SMP Bina Cipta
Palembang.
B.
Tugas Dan Fungsi Pegawai SMP
Bina Cipta Palembang
Adapun
pembagian tugas kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan staf
administrasi adalah :
1.
Kepala
Sekolah
Sebagai kepala sekolah atau coordinator sekolah yang bertanggung
jawab secara keseluruhan baik keluar maupun ke dalam. Rinciannya sebagai
berikut :
@ Membuat
struktur organisasi sekolah
@ Membuat
rincian tugas personil
@ Membuat
program kerja tahunan
@ Membuat
rancangan anggaran
@ Membuat
denah sekolah
@ Membuat
pengumuman dan penentuan rapat, dll.
2.
Tugas
Waka Kurikulum
Rincian tugas adalah sebagai berikut :
1. Menyusun
program diketahui kepala sekolah
2. Melaksanakan
rapat dengan para kajur
3. Menyusun
program kerja waka kurikulum persiapan administrasi
4. Evaluasi
dan pengambilan keputusan rapat, dll.
3.
Tugas
Waka Kesiswaaan
1. Mengisi
buku induk siswa
2. Membuat
daftar siswa tiap kelas
3. Mengisi
buku absensi siswa
4. Mengisi
buku klaper, dll
4.
Tugas
Aktivitas atau Pembina OSIS
Rincian tugas – tugasnya sebagai berikut :
1. Menjaga
keamanan sekolah atau siswa
2. Membantu
tugas – tugas waka kesiswaan
3. Menyelesaikan
permasalahan antar siswa
4. Mengatur
piket siswa di kantor
5. Mengkoordinir
kegiatan ekstra kurikuler
5.
Tugas
Pengelola Perpustakaan
Rincian tugas – tugasnya sebagai berikut :
1. Menyusun
buku – buku sesuai abjad
2. Mengadakan
kartu anggota peminjaman buku
3. Membuat
catalog buku
4. Membuat
tata terbit dan cara peminjaman buku
5. Membuat
daftar buku yang ada, dll
6.
Tugas
Guru Bimbingan Konseling
1. Menyelesaikan
kasus siswa
2. Membuat
daftar identitas siswa
3. Memberikan
pengarahan pada siswa yang sering malas
4. Mengunjungi
siswa di rumah (bila perlu)
5. Mengadakan
konsultasi dengan orang tua siswa
7.
Tugas
Wali Kelas
1. Bertanggung
jawab penuh atas kelas yang dipegangnya
2. Bertanggung
jawab atas administrasi kelas
3. Melaksanakan
tugas mengajar
8.
Tugas
Guru Bidang Studi
1. Melaksanakan
tugas mengajar, menyusun program dan membuat satuan pelajaran
2. Mengisi
buku kemajuan kelas
3. Memberikan
nilai pada wali kelas
9.
Tugas
Tata Usaha
1. Mengatur
administrasi sekolah
2. Pengadaan
kepentingan sekolah :
a. Buku
Rapot
b. Blanko
surat – surat
c. Sarana
dan prasarana
3. Mengurus
mutasi siswa, dll.
10. Tugas Bendahara
1. Mengisi
buku tabelaris
2. Mengisi
buku penerimaan SPP dan uang OSIS
3. Mengisi
buku penerima/ pengeluaran gaji
4. Membuat
daftar penerimaan/ pengeluaran gaji
5. Menyimpan
arsip surat – surat berharga, dll.
C.
Keadaan
Lingkungan Fisik Dan Sosial
Profil
Sekolah
1.
Nama Sekolah :
SMP Bina Cipta Palembang
2.
Nama Lembaga :
Pendidikan Bina Cipta Palembang
3.
Status Sekolah : Terakreditasi B
4.
Tahun Didirikan : 0381/1983
5.
NDS :
2011100035
6.
NPSN :
10609499
7.
No. Statistik Sekolah : 202116002152
8.
Akreditasi Tahun : 2011
9.
Alamat : Jalan
Bina Cipta Rt.22 Keluhan Bukit Sangkal
10.
Luas Tanah :
11.631 M2
11.
Ukuran Ruang Kelas : 7 x 8 M2
12.
Nama Kepala Sekolah : Drs. H. Surahyo Jasmed
13.
Data Pendidikan Guru :
No.
|
NAMA
|
JABATAN
|
KETERANGAN
|
1.
|
Drs. H. Surahyo Jasmed
|
Kepala Sekolah
|
S1 Matematika
|
2.
|
Taufik Hidayat, S.Pd
|
Waka Kurikulum
|
S1 B. Indonesia 2005
|
3.
|
Kustiawati
|
Waka Kesiswaan
|
PGSMTP
|
4.
|
Sunarka, S.Pd
|
Matematika
|
S1 Matematika 2005
|
5.
|
Yayuk Indah Artati, ST
|
Bendahara
|
S1 Teknik Industry 2002
|
6.
|
Tuti Maryati, S.Pd
|
IPA Terpadu
|
S1 MIPA 2002
|
7.
|
Agus Sarkam, S.Ag
|
Pend. Agama
|
S1 Tarbiyah 1997
|
8.
|
Lia Meylina, S.Si
|
Pend. IPA Terpadu
|
S1 MIPA 2007
|
9.
|
Ema Agustina, S.Pd
|
IPS Terpadu
|
S1 Ekonomi 2005
|
10.
|
Mislina Ansyori, S.Pd
|
Ka. Perpus
|
S1 Sejarah 2006
|
11.
|
Neni Octarina, S.Pd
|
Bahasa Inggris
|
S1 B. Inggris 2007
|
12.
|
Suryadi, S.Pd
|
Matematika
|
S1 Matematika 2005
|
13.
|
Yusrika, S.Pd
|
Bahasa Indonesia
|
S1 B. Indonesia 2007
|
14.
|
Novi Jumiyanti, S.Pd
|
Bahasa Inggris
|
S1 B. Inggris 2009
|
15.
|
Husnul Khotimah, S.Pd
|
B.Ing/ B.Indonesia
|
S1 B. Inggris 2006
|
16.
|
Dra. Bariah
|
PPKn
|
S1 PMP. KN 1989
|
17.
|
Maulidia Indah P, S.Pd
|
Seni Budaya
|
S1 Pend. Seni 2012
|
18.
|
Pujiati
|
Kep. TU
|
SMA 1989
|
19.
|
Venny Oktaliza, S.Pd
|
BK
|
S1 BK 2011
|
20.
|
Kuwad Ardiansyah, S.Pd
|
Olahraga
|
S1 Olahraga 2012
|
21.
|
Sakroni, S.Kom
|
TIK
|
S1
|
22.
|
Erfan Sapril
|
Satpam
|
SMK 1991
|
Mahasiswa KKL Universitas PGRI Palembang yang praktek di
SMP Bina Cipta Palembang ini harus bisa membaur dalam keluarga besar SMP Bina
Cipta Palembang. Ruang Lingkup Observasi
yang dilakukan oleh mahasiswa KKL Universitas PGRI Palembang antara lain
sebagai berikut :
1.
Ruang Kelas
2.
Ruang Kepala Sekolah dan Kantor
3.
Ruang guru dan Tata Usaha
4.
Ruang Perpustakaan
5.
WC Siswa laki – laki dan Perempuan
6.
Perkarangan Sekolah
7.
Musholla
1 Keadaan
Siswa
Jumlah siswa untuk tahun pelajaran
2014/2015 SMP Bina Cipta Palembang yaitu 162 Siswa yang terdiri dari 6 kelas
dengan rincian kelas 1 ( dua kelas ) sebanyak 62 siswa , kelas 2 ( dua kelas)
sebanyak 62 siswa, dan kelas 3 ( 2 kelas) sebanyak 56 siswa.
1 Sarana
Kebersihan Lingkungan Sekolah
Untuk menunjang kelancaran
kegiatan belajar mengajar diperlukan sarana kebersihan lingkungan sekolah yang
baik, dikarenakan lingkungan sekolah yang baik dan menyenangkan akan dapat
menambah semangat siswa didalam belajar
1 Pekarangan
Sekolah
SMP Bina Cipta Palembang
memiliki pekarangan yang luas sehingga untuk membuat lingkungan yang baik dan
menyenangkan dapat saja dilakukan. Berdasarkan pengamatan penulis pekarangan
SMP Bina Cipta Palembang cukup bersih, tetapi kebersihan kelas masih perlu
diperhatikan oleh guru dan siswa mengingat masih banyaknya siswa membuang
sampah dilaci meja, dibawah bangku dan selokan.
1 Perpustakaan
SMP Bina Cipta Palembang sudah memiliki ruang
perpustakaan dan telah berfungsi dengan baik. Buku – buku perpustakaan berupa
buku paket dan buku bacaan lainnya yang menunjang pelajaran.
1 Laboratorium
Fisika
SMP Bina Cipta Palembang sudah memiliki ruang
laboratorium Fisika dan telah berfungsi dengan baik. Yang mana gigunakan
sebagai tempat praktek IPA bagi siswa siswi SMP Bina Cipta Palembang.
1 Media
Untuk Pengajaran Olahraga dan lainnya
Media untuk mengajar olahraga sudah memadai
atau tersedia antara lain sebagai berikut :
1. Lapangan
Voly
2. Lapangan
basket
3. Bola
voly dan bola basket
4. Raket
5. Net
dan lain - lain
1 Pengadaan
Air
Pengadaan air bersih di SMP Bina Cipta
Palembang cukup memadai karena tersedia sumur dan air PAM
1 Penerangan
Penerangan di SMP Bina Cipta Palembang cukup
baik kerena menggunakan lampu listrik baik dikantor maupun disetiap ruangan
kelas.
1 Dapur
SMP Bina Cipta Palembang memiliki dapur
khusus untuk dipergunakan guru untuk menyiapkan makan dan minum.
1 Kantin
SMP Bina Cipta Palembang terdapat beberapa
kantin sekolah yang terjaga denganbaik kebersihan tempat maupun jenis
makanannya.
1 Tempat
Ibadah
Tempat ibadah SMP Bina Cipta Palembang sudah
memiliki tempat khusus, guru – guru dan siswa/i menggunakan tempat ibadah.
BAB III
PERMASALAHAN
A.
Metode Pemecahan Masalah
1.
Masalah
Pada hakikatnya di SMP Bina
Cipta Palembang mempunyai administrasi
tata usaha yang cukup baik. Administrasi tata usaha ini memiliki fasilitas dan
tenaga ahli di bidang tertentu dengan fungsi masing-masing dan hasilnya sudah
sangat bagus, sehingga manfaatnya sangat banyak dalam urusan-urusan sekolah.
18
|
·
SMP Bina
Cipta Palembang hanya memiliki satu buah laboratorium,sehingga dalam
penggunaannya memiliki fungsi serbaguna, selain tempat percobaan IPA, laboratorium
SMP ini juga harus berbagi waktu dengan SMK dan SMA.
·
Kurang
maksimalnya pelaksanaan jadwal praktikum yang telah dibuat bagi tiap-tiap kelas
dalam pemanfaatan laboratorium.
·
Kurangnya
kesadaran siswa dalam menjaga ketenangan dan ketentraman laboratorium pada saat
praktikum dan kurang maksimalnya penggunaan alat-alat bantu praktikum yang
telah tersedia.
2.
Metode Pemecahan
Dengan
adanya permasalahan tersebut maka penulis akan mencoba mencari beberapa
alternative pemecahan masalah yang dihadapi. Metode yang penulis gunakan dalam
pemecahan masalah ini adalah mengunakan metode :
1.
Metode Observasi
Yaitu dengan cara melakukan pengamantan
secara langsung mengenai cara/proses administrasi laboratorium SMP Bina Cipta
Palembang selama kegiatan berlangsung, sehingga mendapatkan data yang real dan
valid mengenai masalah yang ada.
2.
Metode Wawancara
Yaitu pengumpulan data
dengan cara bertanya langsung dengan kepala laboratorium SMP Bina Cipta
Palembang.
B.
Alternatif
Pemecahan Masalah
Dengan
mengunakan metode-metode di atas maka penulis menemukan titik terang dalam
memecahkan masalah yang ada pada SMP Bina Cipta Palembang..
·
Penggunaan
laboratorium seharusnya hanya untuk kegiatan praktikum IPA atau yang
berhubungan dengan kegiatan praktikum,sehingga dapat menunjang
keefektifitasannya. Para siswa dapat menggunakan laboratorium dengan semestinya
tanpa harus terganggu dengan penggunaan yang bertepatan dengan acara atau
kegiatan lain yang tidak ada hubungannya dengan praktikum sehingga praktikum
terganggu dan bahkan tertunda.
·
Siswa-siswi
yang ada di SMP Bina Cipta Palembang cukup banyak pada tahun Pelajaran 2014/2015 ini mencapai 162 siswa
sehingga diperlukannya pengintegrasian administrasi sekolah atau administrasi
kesiswaan agar dapat disesuaikan dengan pemanfaatan laboratorium.
·
Para
siswa hendaknya diberikan arahan yang berkesinambungan dan terus-menerus
mengenai konsekuensi dan bahaya yang ditimbulkan, jika seandainya para siswa tidak tertib dalam mengadakan
praktikum. Agar
tertanam suatu prinsip yang mencintai laboratorium dengan penuh kesadaran, sehingga mereka dengan benar-benar menyadari pentingnya
ketenangan dan ketentraman di laboratorium. Selanjutnya para siswa hendaknya
dibiasakan menggunakan alat-alat bantu praktikum yang telah tersedia sehingga
pemanfaatannya lebih maksimal dan optimal.
BAB IV
PELAKSANAAN DAN HASIL
KEGIATAN
A. Tahap Pelaksanaan Kegiatan
Tahap – tahap pelaksanaan kegiatan di SMP Bina Cipta
Palembang yaitu
Hari/
Tanggal
|
Kegiatan
|
senin, 26 Januari 2015 |
v Serah
terima mahasiswa KKL di SMP Bina Cipta Palembang oleh pembimbing KKL
Universitas PGRI Palembang
v Perkenalan
dengan mentor dan
staf pegawai SMP Bina Cipta Palembang
|
Selasa,
27 Januari 2015
|
v Masa
Observasi
|
Rabu,
28 Januari 2015
|
v Masa
Observasi
|
Kamis,
29 Januari 2015
|
v Menyusun
tugas yang ingin dikerjakan bersama mentor
|
Jumat ,
30 Januari 2015
|
v Membersihkan
ruang laboratorium
v Mengecek
kondisi laboratorium
|
Sabtu,
31 Januari 2015
|
v Libur
karena guru mengadakan rapat
|
Senin,
2 Februari 2015
|
v Membersihkan
rak buku di perpustakaan
|
Selasa,
3 Februari 2015
|
v Mengabsensi
kehadiran siswa
v Menyampul
buku
|
Rabu,
4 Februari 2015
|
v Melanjutkan
menyampul buku
v Memotong
sampul untuk buku
|
Kamis,
5 Februari 2015
|
v Menghadiri
pengarahan dari ketua yayasan
v Membuat
program kerja laboratorium
|
Jumat,
6 Februari 2015
|
v Membuat
tata tertib laboratorium
v Struktur
organisasi laboratorium
|
Sabtu,
7 Februari 2015
|
v Melanjutkan
menyampul buku
v Mengikuti
senam
|
Senin,
9 Februari 2015
|
v Membuat
inventaris laboratorium
|
Selasa,
10 Februari 2015
|
v Memotong
sampul buku
v Menyampul
buku
|
Rabu,
11 Februari 2015
|
v Memotong
sampul buku
v Menyampul
buku
v Membersihkan
papan statistik
|
Kamis,
12 Februari 2015
|
v Membuat
jadwal praktek laboratorium
|
Jumat,
13 Februari 2015
|
v Membersihkan
dan merapikan berkas tata usaha di kantor SMP bina Cipta
|
Sabtu,
14 Februari 2015
|
v Mengisi
jam kosong
v Mengikuti
upacara penurunan bendera
|
Senin,
16 Februari 2015
|
v Memotong
sampul buku
v Menyampul
buku
|
Selasa,
17 Februari 2015
|
v Membuat
Visi dan Misi Sekolah
v Membuat
denah
|
Rabu,
18 Februari 2015
|
v Memotong
sampul buku
v Melanjutkan
membuat denah sekolah
|
Kamis,
19 Februari 2015
|
v Libur
Tahun Baru Imlek 2556
|
Jumat,
20 Februari 2015
|
v Melanjutkan
Membuat visi dan misi Sekolah
v Memotong
sampul buku
v Membantu
mengisi buku induk
|
Sabtu,
21 Februari 2015
|
v Mengisi
jam kosong
v Mengikuti
Senam
|
Senin,
23 Februari 2015
|
v Memotong
sampul buku
|
Selasa,
24 Februari 2015
|
v Mengikuti
pelatihan skripsi
|
Kamis,
26 Februari 2015
|
v Mengabsensi
kehadiran siswa
v Memotong
sampul
|
Jumat,
27 Februari 2015
|
v Memotong
sampul
|
Sabtu,
28 Februari 2015
|
v Mengisi
jam kosong
v Mengikuti
upacara penurunan bendera
|
Senin,
2 Maret 2015
|
v Mengumpulkan
hasil pratikum laboratorium siswa
|
Selasa,
3 Maret 2015
|
v Menyampul
buku
|
Rabu,
4 Maret 2015
|
v Mengabsensi
kehadiran siswa
v Memotong
sampul
|
Kamis,
5 Maret 2015
|
v Mengabsensi
kehadiran siswa
v Memotong
sampul
|
Jumat,
6 Maret 2015
|
v Menyampul
buku
|
Sabtu,
7 Maret 2015
|
v Kegiatan
pelepasan Mahasiswa KKL Universitas PGRI dengan pimpinan, guru dan staf tata
usaha serta siswa-siswi SMP Bina Cipta Palembang
|
B. Hasil
Dari tahapan pelaksanaan
kegiatan diatas,dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber dan dengan adanya
koordinasi dengan guru pengelola laboratorium maka penulis mengharapkan
memperolah hasil sebagai berikut :
·
Penggunaan
laboratorium akan dapat berdayaguna sebagaimana mestinya.
·
Pengaturan
pemakaian laboratorium bagi tiap kelas akan dapat di optimalkan sesuai pemanfaatannya.
·
Para
siswa dapat memahami,memaknai dan mencintai laboratorium sehingga bahaya yang
ditimbulkan oleh kecerobohan penggunaan laboratorium dapat di minimalisir.
C.
Pembahasan
Administrasi
laboratorium merupakan salah satu bagian terpenting dalam menunjang kelancaran
pembelajaran yang berhubungan dengan praktikum khususnya pada
pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam),
maka dari itu dijalankan tata laksana pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
yang sesuai. Selain itu pengaturan siswa
perkelas dalam menggunakan ruang laboratorium ini dapat diatur sedemikian rupa
sehingga penggunaannya dapat lebih merata yang sesuai dengan jadwal
yang dibuat.
Keaktifan siswa
seminimal mungkin dapat di atur sehingga tidak mengganggu kelancaran siswa-siswa
lain dalam praktikum. Jadwal piket yang seharusnya berjalan dengan
baik agar ruang laboratorium dapat terjaga dengan baik dan nyaman untuk
digunakan sebagai tempat pratikum serta dapat menjaga dan merawat alat – alat
pratikum agar tetap rapi dan bersih. Diadakannya tata tertib laboratorium
supaya dengan adanya peraturan tersebut, siswa/i dapat lebih berhati – hati
menggunakan alat laboratorium apalagi alat laboratorium yang berbahaya serta
dengan adanya aturan tersebut mampu membuat siswa tidak sembarangan membuang
sampah di dalam laboratorium. Oleh
sebab itu dengan adanya kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ini kami berharap
sedikit banyaknya membantu mengatasi permasalahan yang ada pada administrasi
laboratorium,sehingga apa yang diharapkan tentang fungsi dan manfaat
laboratorium sesungguhnya dapat terwujud.
BAB V
KESIMPULAN
DAN SARAN
A.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil
dari analisa, penulis dapat menyimpulkan bahwa pelaksanaan Kuliah Kerja
Lapangan (KKL) di SMP Bina Cipta Palembang menjadikan mahasiswa Kuliah Kerja
Lapangan (KKL) anggota masyarakat dan guru yang profesional yang memiliki
kemampuan akademik dalam menerapakan, mengembangkan dan memperkaya ilmu
pengetahuan dan teknologi dalam administrasi sekolah khususnya dibidang
administrasi laboratorium. Dengan mengetahui bagaimana fungsi dan pemanfaatan
laboratorium yang sebenarnya maka penulis memiliki sedikit banyaknya keahlian
dibidang administrasi laboratorium yang pada saatnya nanti dapat di dayagunakan
untuk menunjang kelancaran proses pembelajaran dan administrasi sekolah.
B.
Saran
28
|
0 komentar:
Posting Komentar