RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : X / 1
Mata Pelajaran : Fisika
Waktu : 1 x 10 menit
I.
Kompetensi Inti SMA kelas X:
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong-royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
II.
Kompetensi
Dasar
1.1 Melakukan penjumlahan vektor khususnya pada metode grafis
dengan cara segitiga.
III.
Indikator
1.
Menjumlahkan besaran vektor
khususnya pada metode grafis dengan cara segitiga.
IV.
Tujuan
Pembelajaran.
Melalui
pembelajaran ini diharapkan siswa mampu:
1. Mengerjakan soal-soal mengenai
besaran vektor khususnya pada metode grafis dengan cara segitiga.
V.
Strategi
Pembelajaran
@ Pendekatan : Saintifik
(scientific)
@ Model : e -
learning
@ Metode : Ceramah,
Tanya Jawab, Diskusi,
VI.
Materi
Pembelajaran
Penjumlahan vektor khususnya pada metode grafis dengan
cara segitiga
VII.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
ke-1
Tahapan
|
Kegiatan
|
Pendahuluan
|
1. Menarik Perhatian Siswa
@
Guru memperkenalkan diri
@
Mengucapkan Salam
@
Guru menanyakan kabar siswa
@
Guru mengabsen siswa
2. Menimbulkan Motivasi
@
Guru bertanya kepada siswa “apakah kalian sudah
siap untuk pelajaran hari ini?”
@
Guru mengatakan kepada siswa “ anak-anak, apakah kalian
tahu ini gambar apa (menunjukkan gambar yang ada di papan
tulis)
?
3. Memberi Acuan
@ Guru menuliskan tujuan pembelajaran di papan
tulis, yaitu
siswa mampu mengerjakan soal-soal mengenai
besaran vektor
khususnya pada metode grafis dengan cara segitiga.
@
Guru mengemukakan tugas yang akan diberikan “
anak-anak, nanti ibu akan memberikan tugas tentang penjumlahan vektor khususnya
pada metode grafis dengan cara segitiga.
4. Membuat kaitan
@ Guru menanyakan kepada siswa
tentang materi yang telah dipelajari “ anak-anak, minggu lalu kita sudah
mempelajari tentang besaran vektor, apakah yang dimaksud dengan besaran vektor?”
@ Guru membandingkan pengetahuan
baru dengan pengetahuan yang telah dipelajari siswa “ anak-anak, kita tahu
bahwa besaran vektor
adalah besaran yang memiliki nilai dan memiliki arah, kemudian ada yang tahu apa
pengertian dari metode grafis itu?
|
Kegiatan Inti
|
a.
Mengamati
Guru menggali pengetahuan siswa tentang pelajaran yang akan dibahas,
kalian tentu pernah melihat pesawat tempur dengan kecepatan tinggi, dan arus
air yang menggerakkan kapal laut. Nah tahu kah kalian bahwa kecepatan pesawat
tempur dan kecepatan arus air laut yang menggerakkan kapal laut, adalah
sebagian kecil contoh dari besaran vector dalam kehidupan sehari-hari.
b.
Elaborasi
@
Siswa mendengarkan penjelaskan dari guru tentang
bahan ajar yang disampaikan.
@
Guru memberikan contoh soal mengenai vektor khususnya
pada metode grafis dengan cara segitiga.
Pertanyaan :
Seekor anak kucing berlari ke arah timur sejauh 9 meter kemudian
berbelok ke selatan dan berlari lagi sejauh 12 meter. Perpindahan yang
dialami kucing tersebut adalah
@
Guru menunjuk salah satu peserta didik untuk
menjawab contoh soal mengenai besaran vektor khususnya pada metode grafis
dengan cara segitiga sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya dan
sambil membimbing siswa untuk menjawab contoh soal.
@
Guru mengoreksi jawaban peserta didik, apakah sudah benar
atau belum.
Jika masih ada peserta didik yang belum dapat
menjawab dengan benar, guru
dapat langsung memberikan
bimbingan.
c.
Konfirmasi
@ Guru
mempersilahkan peserta didik untuk bertanya mengenai materi yang telah
disampaikan, dan mempersilahkan peserta didik lain untuk menjawab. (Mempresentasikan, Mendialogkan, Menyimpulkan)
@ Guru
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan
peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku
dan benar. (Mempresentasikan, Mendialogkan,
Menyimpulkan)
|
Penutup
|
·
Peserta didik dan guru
bersama-sama membuat rangkuman atau simpulan
pelajaran.
·
Guru melakukan penilaian dan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram.
·
Guru memberikan soal essay kepada
siswa untuk dikerjakan dirumah.
1)
Toni memacu kendaraannya lurus ke timur sejauh 40 km dan
kemudian berbelok tegak lurus menuju utara sejauh 30 km.
a)
Tentukan perpindahan yang dialami oleh Toni.
b)
Lukislah Vektor Hasil penjumlahan atau Pengurangan
Vektor-vektor.
2)
Diketahui vektor A = 4 cm, B = 3 cm
Hitunglah besar R:
a)
R = A + B
b)
R = A – B
·
Guru menyarankan kepada siswa
untuk mengulang pelajaran di rumah dan menyampaikan pelajaran yang akan
datang
·
Guru mengakhiri pelajaran dan
mengucapkan salam
|
VIII.
Perangkat
pembelajaran
Media Pembelajaran :
Blog pembelajaran fisika, Animasi flash.
Alat Pembelajaran :
Komputer/Laptop, Spidol, Papan Tulis/White Board
Sumber Buku :
@ Arifudin,
M.A. 2007. Fisika untuk SMA/MA Kelas X.
Jakarta : Interplus.
@ Hartanto, H.
2012. Cara Cepat dan Mudah Menguasai
Fisika SMA. Yogyakarta : Indonesia Tera.
@ Hendra, A.
2012. Metode Cerdik 1001 Soal-Bahas Ala
Tentor Matematika SMA. Yogyakarta : Pelangi Edukasi.
@ Purwanto, B.
2007. Fisika Dasar 1A Teori dan
Implementasinya untuk Kelas X SMA dan MA semester 1. Solo : PT Tiga
Serangkai Pustaka Mandiri.
@ Saripudin, A., D.
Rustiawan K., dan A. Suganda. 2009. Praktis
Belajar Fisika 1 : untuk Kelas 10 Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah
Program Ilmu Pengetahuan Alam. Pusat Perbukuan Departemen Nasional,
Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. 194 hlm.
Sumber Internet :
@ Lohat, A.S.
2011. Penjumlahan Vektor Edisi Kedua untuk SMA Kelas X. http://usrotun.files.wordpress.com/2011/07/penjumlahan-vektor-1pdf.pdf.
23 Februari 2014 (00.10 WIB)
@ Utama, M.A.
2012. Menentukan Vektor Resultan dan Arah Resultan. http://tama29081997.blogspot.com/2012/08/menentukan-vektor-resultan-dan-arah_2142.html.
14 Maret 2014 (9.10 WIB).
@ Utomo, P.
2013. Fisika Kelas X Bab II Vektor. http://blogbilogy.files.wordpress.com/2013/03/fisikakelasxbab2vektor.pdf
. 23 Februari 2014 (00.06 WIB).
IX.
Penilaian
Teknik Penilaian :
Tes Tertulis, Penugasan
Bentuk
Penilaian : Keaktifan Peserta
didik bertanya dalam menjawab pertanyaan, kemampuan peserta didi
dalam menjawab soal.
Palembang, Maret 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata
Pelajaran
...................................... Desi
Ramayana
Terima kasih banyak, sangat membantu :)
BalasHapussusi Gustina@ sama2. semoga bermanfaat y.. sklian mo posting rpp fisika smp kelas vii k13 tp belum sempat postingnya.hehehe
BalasHapuskali aja bisa berguna bagi susi dan tmn2 yang lain.